Berita Properti
12 Jun 2012, 13:23 WIB
Pasang Ambalan Berlapis HPL, Begini Caranya

Rak ambalan yang dilapisi dengan HPL tampil menarik dan cantik

 

Kehadirannya bisa menyemarakkan ruangan. Terutama sebagai elemen dekoratif dan estetis.


Kegemaran menata hunian bisa beragam cara. Seperti memasang frame foto, vas bunga, buku dan sebagainya. Tempat memajang atau menaruh barang-barang tersebut pun beraneka ragam. Misalnya, lemari kaca atau rak ambalan.

 

Nah, untuk rak ambalan merupakan tampat yang paling simple dan ekonomis. Pasalnya rak tersebut dapat dikerjakan sendiri tanpa bantuan tukang. Di pasaran rak ambalan didominasi dari bahan kayu multipleks.

 

Namun ada juga yang menggunakan MDF dan solid wood. Agar tampil cantik rak ambalan ini dapat dilapisi dengan High Preasure Laminated (HPL). Untuk membuatnya, berikut bahan dan tahapan cara membuatnya :

 

  1. Potong papan MDF atau multipleks sesuai dengan bentuk dan ukuran ambalan yang ingin dibuat, misal saja 100cm x 20cm.
  2. Potong juga papan MDF atau multipleks dengan ukuran 9mm x 3mm
  3. Oleskan dengan lem kuning dan lem putih di ujung sisi potongan tersebut pada permukaan lembar papan yang ingin direkatkan. Kemudian di paku dengan menggunakan martil
  4. Gunakan paku kontruksi ambalan
  5. Lapisi papan ambalan tersebut dengan HPL dan kemudian rekatkan dengan lem putih.
  6. Buat titik dan bor juga pada tembok yang akan dipasang bracket untuk ambalan, jaraknya harus sama persis dengan jarak antar lubang yang telah terbuat dipapan. Lubang di tembok sebaiknya diameternya sedikit lebih kecil dari besi strukturnya, tujuannya supaya besi bisa terikat kuat dan tidak goyang.
  7. Pasang bracket dengan sekrup Fisher 8. Buat dua lembar multipleks dengan ukuran yang sama.
  8. Pasang atau tanamkan separuh panjang besi ke dalam lubang ambalan. Setelah itu, tanam separuhnya besi lagi kelubang tembok. Dan, rak ambalan siap digunakan.

 

Haryanto
Foto: Dedy Mulyadi

sauce